Paviliun Deli Serdang di PRSU Ramai Pengunjung


Senin, 9 April 2012
Paviliun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang sejak pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-41 tanggal 16 Maret hingga memasuki hari keenam kegiatan pameran dan promosi daerah itu, ramai dipadati pengunjung.

“Antuasiasme masyarakat untuk mengunjungi paviliun Deli Serdang di PRSU tahun ini tergolong cukup besar,” kata Kepala Dinas Infokom Pemkab Deli Serdang, Neken Ketaren di Medan, Rabu.

Warga masyarakat yang berkunjung ke paviliun Deli Serdang umumnya ingin melihat langsung beragam produk unggulan daerah itu yang terdiri dari, hasil kerajinan produksi usaha kecil dan menengah (UKM), hasil pertanian, industri manufaktur, dan informasi objek pariwisata di daerah itu.
Jenis produk UKM yang dipamerkan, antara lain tenunan khas Deli Serdang dan kerajinan mebel.

Disebutkannya, sebagian produk yang dipamerkan telah diekspor ke mancanegara.Pihak Pemkab setempat di depan paviliun berlantai dua tersebut juga setiap malam menayangkan film tentang keberhasilan sejumlah program pembangunan di daerah itu.

Di pavilun tersebut juga dipajang miniatur proyek Bandara Internasional Kuala Namu yang direncanakan selesai dibangun akhir tahun ini.

“Selain melihat berbagai produk dan brosur yang kami pamerkan, banyak di antara warga yang bertanya lebih jauh tentang peluang investasi di Deli Serdang,” ujarnya.

Neken menambahkan, Pemkab Deli Serdang pada PRSU tahun ini juga memamerkan beberapa jenis hasil pertanian unggulan, antara lain Pisang Barangan, Jambu Deli, Duku Tembung, Durian Bintana, Salak Jambon, Salak Ponti dan jagung.

“Pisang Barangan saat ini merupakan salah satu komoditi pertanian unggulan Deli Serdang,” katanya.

Petani Deli Serdang selama tahun 2011, menurut dia, mampu menghasilkan 250 ribu ton lebih Pisang Barangan.

Sebagian hasil panen Pisang Barangan dari kabupaten yang berbatasan dengan Kota Medan itu dipasarkan ke Pulau Jawa.

Deli Serdang hingga kini juga merupakan sentra produksi padi terbesar di Sumut dengan total produksi rata-rata 400 ribu ton lebih per tahun.

Dia menambahkan, beragam informasi dan produk dan jasa yang dipamerkan di paviliun Pemkab Deli Serdang tersebut dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan pertumbuhan investasi bagi daerah itu.

“Deli Serdang potensial dan cocok untuk pengembangan usaha sektor pertanian, industri, bisnis dan pariwisata,” ucap Neken. PRSU tahun 2012 yang digelar dalam rangka Hari Jadi ke-64 Provinsi Sumatera Utara diadakan di komplek Tapian Daya Medan hingga 15 April mendatang.
Sumber : waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar