Industri Kecil Terancam Gulung Tikar


Kamis, 15 Maret 2012
Perajin Industri Kecil Menengah (IKM) di Deliserdang Sumatera Utara terancam gulung tikar jika Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan.
Perajin sepatu kulit di Jalan Sudirman Lubuk pakam, H Simatupang mengaku sangat keberatan dengan kenaikan BBM itu. Walaupun saat ini BBM belum naik namun ia sendiri sudah merasakan bahan baku yang sudah naik setiap harinya.
"Sekarang aja sudah susah tiap harinya bahan baku naik aja, kalau BBM jadi naik habislah kami gulung tikar," ujar Simatupang.
Ditambahkannya kenaikan bahan baku untuk saat ini naik hingga Rp 1.000 setiap harinya dari Medan. Mulai dari bahan Kulit, lem, lapis hingga benang adalah bahan tersebut.
Akibatnya beberapa waktu terakhir sudah sulit memasarkan penjualan. Pembuat sepatu dan sandal kulit bermerk Chchago Shoes ini sudah empat tahun mempunyai usaha ini, pemasarannya semakin hari semakin memprihatinkan.
"Walaupun produk kita bagus kalau barang mahal tetap orang nggak akan mau, mereka nggak percaya nanti waktu dibilang harganya segitu," katanya.
Sepatu dan sendal yang ia produksi beragam bahan bakunya, ada yang terbuat dari kulit kambing, lembu, biawak, hingga buaya. Bentuknya juga berbeda-beda, ada yang biasa hingga berbentuk boots. Selain sepatu pria ia juga menerima orderan untuk sepatu wanita.
Harganya sendiri dipatok mulai dari Rp 250 ribu sampai 650 ribu untuk sepatu sedangkan untuk sandal mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 250 ribu.
Sumber : Tribun Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar