TPL KWR 2009 APP Laksanakan Pelatihan di Laboratorium BBIA Bogor

Selasa, 6 Maret 2012
diposkan oleh : Admin

Sebanyak 30 Mahasiswa Program Beasiswa Perindustrian TPL-IKM Angkatan 2009 Kampus Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta telah mengadakan pelatihan pembuatan berbagai macam produk olahan berbasis agro industri di Laboratorium Balai Besar Industri Agro (BBIA) Bogor. Pelatihan tersebut diadakan selama 2 hari yakni tanggal 5-6 Maret 2012 yang dimulai dari pagi hingga sore hari. 

Pelatihan tersebut didampingi oleh perwakilan dari APP, Bapak Umam, yang setia mendampingi para peserta pelatihan, mulai dari perjalanan dari APP sampai di BBIA selama dua hari, dan tentunya juga para instruktur dari BBIA yang dengan senang hati bersedia membagi ilmunya dan melatih para peserta untuk membuat berbagai macam produk olahan berbasis agro. Mereka adalah Bapak S. Raharjo, Ibu Yuni, Bapak Dedi dan Ibu Yesti.

Produk-produk yang dibuat pada pelatihan tersebut terdiri dari :
- Hari Pertama   : Dodol Jambu Merah dan Pupuk Kompos
- Hari Kedua        : Abon Ikan dan Nugget Ikan

Untuk hari pertama, pembuatan produk Dodol Jambu dipandu oleh Bapak S. Raharjo, sedangkan pembuatan pupuk kompos oleh Bapak Dedi. Untuk produk olahan berbasis ikan (Abon dan Nugget) pada hari kedua dipandu oleh Ibu Yuni yang dibantu oleh Bapak S. Raharjo dan staf BBIA lainnya.

Pada pelatihan tersebut, para peserta diberikan penjelasan tentang seputar cara atau proses pembuatan dari produk-produk olahan yang akan dibuat. Setelah diberi penjelasan, para peserta langsung melaksanakan proses pembuatannya.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta disediakan akomodasi makanan dari pihak Kampus APP. Para peserta disediakan makanan kotak untuk makan siang di hari pertama dan pada hari kedua,  peserta disediakan sarapan nasi uduk di pagi hari dan nasi kotak di siang hari. 

Pelatihan pembuatan berbagai macam produk olahan berbasis agro ini merupakan pelatihan pertama yang diadakan bagi para mahasiswa TPL-KWR APP Angkatan 2009. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu menambah wawasan dan keterampilan mereka.

Gambar produk yang telah dihasilkan pada pelatihan tersebut :


(NB: untuk pupuk kompos belum dapat ditampilkan gambarnya karena proses pembuatannya memakan waktu selama lebih kurang 2 minggu)


3 komentar:

  1. Ditunggu pelatihan-pelatihan selanjutnya...

    BalasHapus
  2. wah langsung update data ternyata si frans,.
    frans bagus bgt template blog mu,..ajarin dong???

    BalasHapus