Pelaku UKM Diperkenalkan Teknologi Baru

Rabu, 21 Maret 2012
Lubuk Pakam, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) bisa mengenal teknologi-teknologi baru yang bisa dimanfaatkan karena tidak begitu rumit, tapi bisa menarik dan diterima oleh pasar. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang memprogramkan pendidikan dan pelatihan program printing bagi UKM dan sektor industri kerajinan (Inkra). 
“Oleh karena itu, baik pemerintah daerah maupun para stockholder lainnya termasuk di dalamnya Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) berupaya melalui program pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia usaha kecil,” kata Ketua Dekranasda Deliserdang Ny Hj Anita Amri Tambunan melalui Wakil Ketua Ny Hj Asdiana Zainuddin pada acara penutupan pelatihan Digital Printing di Aula Jambor Babar Sari Desa Kutalimbaru Kecamatan Kutalimbaru, Sabtu (17/3).


Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UKM Kabupaten Deliserdang Ir Syarifah Alwiah MMA berharap dengan pelatihan ini para peserta nantinya bisa mengembangkan lagi karena para peserta sebenarnya sudah pelaku UKM.

“Kemudian kita akan melihat dari segi teknologinya kemudian bagaimana mereka mengembangkan teknologi di lokasi tempat mereka berusaha. Setelah pelatihan ini para peserta bisa lebih meningkatkan lagi kemampuannya, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian keluarga mereka masing-masing,” kata Syarifah.

Sementara Pelatih Digital Printing, Alween Ong mengatakan, tujuan pelatihan ini nantinya para peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa mengembangkan usaha yang sama di daerahnya masing-masing. Bahkan, setiap dinas sering pesan merchandise (souvenir).

Dikatakan Alween, di Deliserdang banyak area wisata yang dapat diangkat melalui merchandise. Karenanya, mereka akan membuat program untuk masyarakat yang ada di daerah daerah wisata.

“Jadi kami siap melatih pengerajin membuat merchandise, seperti, pin, kaos, id, payung, jam, pulpen dan lain sebagainya. Pelatihan ini selama seminggu ini mengangkat tema wisata. Dengan mengangkat sektor pariwisata dengan adanya toko-toko merchandise maka pariwisata kita akan lebih hidup,” paparnya.


Acara penutupan pelatihan Digital Printing tersebut juga dihadiri Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs Rahmad, Camat Kutalimbaru Drs IB Ginting beserta seluruh kepala desa se-Kecamatan Kutalimbaru.

Sumber : http://www.medanbisnisdaily.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar