Industri Logam di Pasuruan Siap Produksi Onderdil Mobil Nasional


Pasuruan - Industri Kecil Menengah (IKM) logam Kota Pasuruan siap menyambut program mobil nasional (mobnas). Para perajin logam yang tergabung dalam Para Amerta Sejahtera Indonesia (Pasindo) menawarkan komponen otomotif mobnas Esemka.


Para perajin yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Pasuruan ini sudah menawarkan kesanggupan untuk membantu produksi massal. "Semua onderdil kecuali engine bisa kami sediakan," kata Ketua Pendiri Pasindo Pasuruan Mudji Wahono, Kamis (12/1/2011).

Dalam proposal penawaran untuk mendukung program mobnas, Pasindo Pasuruan memberikan kesanggupan membuat 61 jenis komponen otomotif. Diantaranya, enam item Break System, 18 item Kemudi, 12 item Tool, 17 item Body Accesories dan 12 item Engine.

Kesanggupan ini, kata Mudji, didasarkan atas kesiapan para perajin logam yang berhimpun dalam Pasindo. Hingga saat ini terdapat 310 unit perajin logam yang siap mendukung pelaksanaan produksi komponen lokal mobnas. 

"Para perajin ini siap memproduksi secara masal komponen otomotif," tandas Mudji Wahono.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Pasuruan, Hardi Utoyo menyatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi penyiapan sarana dan prasarana dalam pengembangan IKM logam dalam kaitannya mendukung program mobnas.

Bahkan Pemkot Pasuruan juga telah berancang-ancang mendirikan sentra pabrikasi IKM Logam yang akan mempermudah para perajin logam dalam memenuhi permintaan produksi massal.

"Kami memproyeksikan pada 2014 mendatang, sentra pabrikasi IKM logam ini bisa terwujud," kata Hardi Utoyo.

Industri Kecil Menengah (IKM) logam dari Kota Pasuruan sebelumnya sudah memiliki andil cukup besar dalam perakitan cikal bakal mobil nasional (mobnas) GEA, yang di produksi PT INKA, Madiun. 

"Bahkan logo GEA kami yang membuat," pungkas Hardi.

sumber:detik.com